Jam Operasional Balai Desa Tanjung Senin-Jum'at Jam 08:00-14:00 WIB

Artikel

Pemuda Desa Tanjung Raih Juara dalam Kontes Bonsai

26 April 2024 00:04:40  Administrator  16 Kali Dibaca  Berita Desa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berawal dari Hobi, Pemuda Desa Tanjung Raih Juara dalam Kontes Bonsai yang diselenggarakan se Kabupaten Sumenep

Pemuda asal Desa Tanjung, Desio Firmansyah berhasil memenangkan kontes bonsai dengan kategori Baik dalam kontes bonsai yang diselenggarakan oleh perkumpulan bonsai “Kebes”. Kontes yang diikuti ratusan peserta sekabupaten sumenep tersebut berlangsung pada tanggal 1  sampai 3 Maret 2024, bertempat di Jalan Pelabuhan Gili Raje Cangkerman Bluto, Sumenep. Kategori penjurian yang dipelombakan dalam kontes tersebut yaitu bendera hijau termasuk dalam kategori baik, bendera merah termasuk dalam kategori baik sekali, dan bendera kuning untuk 10 terbaik dimasing masing kelasnya. Dengan jenis bonsai Wahong Sancang atau lebih dikenal dengan Wacang, pemuda yang biasa dipanggil Firman berhasil mendapatkan piagam penghargaan bendera hijau yaitu kategori baik.

Ketertarikan akan seni menjadi titik awal pemuda berusia 24 tahun ini menekuni dunia bonsai. Diawal terjun di dunia bonsai, Bahan baku bonsai diperoleh di hutan sekitar Desa Tanjung. “Di sekitar hutan Desa Tanjung cukup banyak bahan bonsai yang tumbuh liar, seperti jenis serut, sisir, beringin, wahong, dan war dan masih bnayak bahan bonsai lain yang belum saya eksplor.” Tutur  Firman saat dikunjungi pada Rabu (03/04/2024) lalu.

Dia juga bercerita, bahwa selama merawat bonsai butuh kesabaran dan ketelatenan baik dari tahap penggunaan media tanam, pemangkasan, pengkawatan, pemprograman akar, pemupukan dan penyiraman. Perlu waktu lama untuk menghasilkan bonsai yang baik. Ia membutuhkan waktu satu setengah tahun untuk menjadikan bonsai yang baru saja mendapatkan penghargaan dalam kontes yang ia ikuti bulan Maret lalu. Jenis bonsai Wacang tersebut, termasuk dalam bonsai yang perawatannya relatif mudah dan singkat, sangat cocok untuk pemula yang baru terjun pada dunia bonsai.

Tanaman bonsai memiliki nilai ekonomi dan permintaan pasar yang tinggi, Tanaman bonsai tidak hanya sebatas menjadi koleksi saja, tetapi bisa dijadikan ladang usaha untuk menambah pendapatan dan lapangan kerja baru

Pengelola Informasi Dokumentasi Desa Tanjung

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Agenda

Info Media Sosial

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Menara Suar No. 02
Desa : Tanjung
Kecamatan : Saronggi
Kabupaten : Sumenep
Kodepos : 69467
Telepon : 087729672825
Email : pemdes.tanjung22@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:21
    Kemarin:83
    Total Pengunjung:34.925
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.17.3.252
    Browser:Mozilla 5.0